Menu Tutup

Manfaat dan keutamaan berdakwah secara berjamaah

Berdakwah adalah salah satu kewajiban bagi setiap muslim yang ingin menyampaikan kebenaran Islam kepada orang lain. Namun, berdakwah tidak bisa dilakukan secara sembarangan, melainkan harus mengikuti tuntunan dan contoh dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Salah satu tuntunan tersebut adalah berdakwah secara berjamaah, yaitu berdakwah dengan melibatkan orang-orang yang memiliki tujuan dan visi yang sama dalam menyebarkan Islam.

Apa saja manfaat dan keutamaan berdakwah secara berjamaah? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Berdakwah secara berjamaah akan lebih kuat dan terarah, karena ada koordinasi dan kerjasama antara anggota jamaah. Mereka bisa saling membantu, mengingatkan, dan melengkapi satu sama lain dalam menjalankan dakwah. Selain itu, mereka juga bisa menghindari penyimpangan dan kesalahan yang bisa merusak tujuan dakwah.
  • Berdakwah secara berjamaah adalah sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang merupakan manusia paling sempurna di dunia. Beliau tidak pernah berdakwah sendirian, melainkan selalu mengajak orang-orang untuk menerima Islam dan mendakwahkan Islam bersama-sama. Beliau juga mengutus sahabat-sahabatnya untuk berdakwah di berbagai daerah, seperti Mush’ab bin Umair yang berdakwah di Madinah.
  • Berdakwah secara berjamaah adalah salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan dan ridha Allah subhanahu wa ta’ala. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an:

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung” (Ali Imran: 104).

  • Dengan berdakwah secara berjamaah, kita bisa menjadi bagian dari golongan yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.
  • Berdakwah secara berjamaah adalah salah satu cara untuk meningkatkan iman dan amal kita. Dengan berdakwah secara berjamaah, kita bisa belajar banyak hal dari orang-orang yang lebih berilmu dan berpengalaman dalam dakwah. Kita juga bisa mengamalkan apa yang kita dakwahkan, sehingga kita tidak menjadi orang yang mengucapkan sesuatu yang tidak kita lakukan. Dengan demikian, kita bisa mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Dari uraian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa berdakwah secara berjamaah adalah salah satu metode dakwah yang sangat bermanfaat dan mulia. Dengan berdakwah secara berjamaah, kita bisa mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, mendapatkan keberkahan dan ridha Allah subhanahu wa ta’ala, serta meningkatkan iman dan amal kita. Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk berdakwah secara berjamaah, dengan niat yang ikhlas, usaha yang maksimal, dan harapan yang tinggi kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin.

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teks Berjalan

Terimakasih telah mengunjungi website kami. Semoga kita dapat mengambil faidah dari hadirnya website ini